Dinas Perikanan Kota Kendari Servis Gratis Ratusan Mesin Kapal Nelayan

Advetorial268 views

Kendari, SATUSULTRA – Para nelayan di Kota Kendari merasakan manfaat maksimal dari pelayanan Dinas Perikanan Kota Kendari. Untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan, Dinas yang dipimpin Imran Ismail itu tak hanya menyasar personal nelayannya, namun juga pada sarana yang digunakan pada aktivitas nelayan.

Diantaranya, Dinas Perikanan melaksanakan servis gratis terhadap ratusan mesin kapal nelayan. Servis mesin konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) itu dilakukan secara berkala, enam bulan sekali.

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Kelembagaan Usaha perikanan Dinas Perikanan Kota Kendari, Budi Utomo menjelaskan servis mesin konversi dilakukan agar mesin kapal nelayan tetap terawat dan awet.

“Setiap nelayan yang telah menerima mesin konversi dari Kementerian mendapatkan perlakuan yang sama. Servis gratis,” ungkapnya, Senin (29/4/2024).

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Kelembagaan Usaha perikanan Dinas Perikanan Kota Kendari, Budi Utomo.

Tercatat tambahnya sebanyak 295 nelayan telah menerima mesin konversi tersebut dengan kapasitas 6,5PK, 9PK, dan 13PK. Dan mereka terima sejak bulan November 2023 lalu, sehingga saat ini dilakukan servis.

“Setiap enam bulan dilakukan servis, tapi itu berlaku hanya dua kali. Dan melakukan adalah yang menyediakan mesin, vendor langsung,” bebernya.

Perbaikan terhadap mesin kapal nelayan Kendari.

Dalam kesempatan itu, Budi sapaan karibnya mengatakan bahwa kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik, karena menjalin kerjasama dengan penyuluh dari Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk wilayah kerja Kota Kendari.

“Karena yang menyampaikan langsung akan digelar servis gratis kepada nelayan adalah para penyuluh,” tutupnya.

Sementara itu, Koordinator Penyuluh Kementerian Kelautan dan Perikanan wilayah kerja Kota Kendari, Mirnawati Firdaus mengatakan bahwa servis gratis ini bukan hanya mesin yang mengalami kerusakan tetapi secara keseluruhan.

“Hari ini adalah pelayanan servis gratis terhadap para nelayan yang menerima bantuan meisn konversi BBM ke BBG,” ungkapnya.

Ia berharap agar para nelayan dapat memanfaatkan mesin konversi yang telah diberikan dalam menunjang kehidupan mereka. Kemudian dirinya juga mengapresiasi Dinas Perikanan karena telah melaksanakan program ini dengan baik.

“Semoga kerjasama ini terus berlanjut dan program-program sejenis tetap berjalan,” tandasnya. (*/adv)

Komentar