Ciptakan Pemilu Bersih dan Jujur, Bawaslu Sultra Bangun Sinergitas Bersama Pers

Politik266 views

Kendari, SATUSULTRA – Tahun 2024 nanti seluruh daerah di Indonesia akan melaksanakan Pemilu serentak. Untuk menyiapkan pemilihan yang bersih dan jujur Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Diskusi bersama insan pers yang bertajuk “Komunikasi Efektif dan Peran Media Massa Dalam Menyongsong Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024” di salah satu cafe di Kendari, Kamis, (2/6/2022).

Pada diskusi yang diikuti ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara, Hamiruddin Udu itu, koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Sultra, Munsir Salam mengatakan peran media dalam menyampaikan informasi dan pesan kepada masyarakat tentang tahapan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 sangat penting. Karena itu Bawaslu mengajak wartawan untuk membantu mensukseskan pesta demokrasi tersebut.

“Kami minta dukungan dalam penyampaian informasi kepada masyarakat, khususnya fungsi-fungsi pengawasan Pemilu dan Pilkada serentak Tahun 2024,”ucapnya.

baca juga : Lagi, Bank Sultra Raih Penghargaan di Ajang Indonesia Financial Top Leader Awards 2022

Menurut Anggota Bawaslu dua periode itu, bahwa peran media dalam menyampaikan informasi jangkauan tidak terbatas. Untuk itu sinergitas antara Bawaslu dan Pers sangat penting untuk mensukseskan Pemilu melalui berita atau informasinya.

“Melalui media kami mengajak untuk berperan untuk aktif dalam melakukan pengawasan, khususnya dalam pemutakhiran data pemilih, pendaftaran Partai Politik, penetapan hingga pelaksanaannya,” katanya.

baca juga : Pj Sekda Sultra Berangkatkan Delapan Mahasiswa Terbaik Sultra ke University of Arizona Amerika Serikat

Anggota Bawaslu Siti Munadharma juga berharap demikian. Menurutnya, komunikasi Bawaslu dengan media tidak boleh hanya terbatas pada acara formal, tetapi bila memungkinkan, terjadi setiap saat. Karena media masa menjadi salah satu sarana untuk menyampaikan informasi pengawasan, pencegahan dan penindakan pelanggaran.

“Media massa dan Bawaslu saling membutuhkan untuk saling memberikan informasi khususnya dalam pengawasan pemilu yang lebih baik atau sesuai dengan kehendak rakyat,” harapnya.

 

Termasuk juga, Bahari yang membidangi Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sultra itu mengaku, Bawaslu dengan wartawan sangat penting perannya dalam memberikan informasi kepada masyarakat tentang Pemilu dan Pilkada yang lebih baik dan menghasilkan pemimpin yang sesuai dengan kehendak rakyat.

Hal senada juga disampaikan koordinator Hukum dan Humas Bawaslu Sultra, Ajmal Arif menambahkan bahwa keberadaan pers sebagai salah satu pilar demokrasi sangat penting untuk memyampaikan berita kepada publik terkait tahapan Pemilu dan Pilkada serentak Tahun 2024. Berita tentang pengawasan, termasuk pencegahan dan penindakan akan memberikan informasi yang dapat memberikan pendidikan politik kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan Pemilu yang jujur dan adil.

“Kami meminta kepada seluruh media pers atau wartawan dapat bersama sama untuk memberikan informasi dan pesan kepada masyarakat yang cepat dan memberikan pendidikan politik dan juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam mensukseskan Pemilu dan Pilkada serentak Tahun 2024,”tutupnya.

Sementara itu Ketua PWI Sultra Sarjono mengapresiasi kegiatan Bawaslu Sultra untuk mengajak media berdiskusi terkait kesiapan dan tahapan Pemilu dan Pilkada serentak.

“Saya sangat mengapresiasi atas kegiatan diskusi antara Bawaslu dan wartawan untuk saling bersama dalam memberikan informasi dan pesan terhadap tahapan pengawasan Pemilu,” tuturnya. (b)

reporter : putra butuni
redaktur : linri

Komentar