Panen Raya Padi SRI Organik Binaan PT Vale di Kolaka, Terbukti Tingkatkan Produktivitas Petani

Headline2120 views

Kolaka, SATUSULTRA – Program unggulan Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB) yang diinisiasi PT Vale pada sejumlah kelompok tani binaan di desa Puubangga, kecamatan Baula, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, menuai hasil positif. Rabu (1/6/2022), kelompok tani binaan PT Vale, melakukan panen perdana padi System of Rice Intensification (SRI) organik.

Panen perdana itu dihadiri oleh Vice President Director PT Vale Indonesia Tbk Adriansyah Chaniago, Bupati Kolaka Ahmad Safei, Wakil Bupati Kolaka Muh Jayadin, Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa, Ketua Komisi III DPRD Kolaka H. Akhdan.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei memberi apresiasi tinggi sekaligus berterimakasih kepada PT Vale atas pembinaan dan pendampingan tanaman padi SRI Organik pada para petani di Kolaka. Program SRI organik tersebut ungkap bupati, terbukti mampu meningkatkan hasil produksi petani.

“Terima kasih PT Vale ini luar biasa semoga ini terus disosialisasikan, program ini merupakan motivasi untuk memperbaiki kehidupan kita. Padi SRI organik dapat meningkatkan produksi nyata dari 4 ton gabah kering perhektar, menjadi 8 ton perhektarnya dengan kualitas padi yang dihasilkan lebih baik, kalau dijual bisa puluhan juta rupiah. Jadi ini tinggal kemauan kita semua, lakukan sesuai teknisnya,” ujar bupati.

baca juga : PT Vale dan Huayou Teken Kerjasama Proyek HPAL Pomalaa

Melihat kesuksesan itu, bupati berharap agar PT Vale terus melanjutkan program PSRLB padi SRI organik pada petani lain di Kolaka. Harapannya, progam tersebut akan meningkatkan perekonomian petani dan mendorong Kolaka lebih maju.

“Ini harus terus disosialisasikan kepada petani yang lain. Kepada PT Vale, kami berharap untuk terus memberikan pembinaan dan motivasi kepada petani kita,” harap bupati.

baca juga : Panen Perdana SRI Organik di Blok Bahodopi, PT Vale Merawat Keberlanjutan untuk Masa Depan

Sementara Vice President Director Pt Vale Indonesia Tbk, Adriansyah Chaniago, merasa bangga dengan atensi Pemkab Kolaka dan kemauan keras petani binaan di desa Puubangga.

“Alhamdulillah dalam satu siklus kita dapat meningkatkan produktivitas petani kita dari 4 ton sampai 8 ton lebih perhektarnya, makanya kita cukup optimis kedepan program ini bisa ditambah luasannya. Tentu ini semua berkat kerjasama Pemerintah dan petani setempat dengan PT Vale,” ungkap Adriansyah.

Dia juga mengatakan PT Vale akan terus mendorong agar sektor pertanian di area wilayah pemberdayaan dapat berkembang dengan baik. Salah satunya mengedukasi petani dengan padi SRI organik.

Ia menyebut SRI organik merupakan salah satu program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) berkelanjutan (Sustainable) PT Vale. Program tersebut telah dijalan di Sorowako, Sulawesi Selatan dan berhasil meningkatkan produksi pertanian di Sorowako. Sebagai wujud kepedulian terhadap sektor pertanian, PT Vale terus mengembangkan program tersebut dan kini telah hadir di area pemberdayaan blok Pomalaa Kabupaten Kolaka.

“Kita bawa kesini (padi SRI organik) pada akhir tahun kemarin dan kita lihat pendampingan berhasil, dan panen raya ini akan kita jadikan percontohan,” tutup Adriansyah Chaniago. (b)

reporter : Arlin
redaktur : Linri

Komentar