Jadi Plt Rektor USN, Tugas Andi Lukman Sukseskan Pilrek

Headline2113 views

Kolaka, SATUSULTRA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menunjuk Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sultanbatara, Makassar, Sulawesi Selatan, Andi Lukman sebagai Plt Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka. Ia menggantikan Dr.Azhari yang telah berakhir masa jabatannya pada 28 Juni 2022.

Saat melaksanakan konferensi pers terkait penunjukannya di USN, Andi Lukman mengatakan, ia diberi tugas untuk menggantikan peran Azhari yang saat ini tengah menjalankan ibadah haji. Di USN, ia akan menjabat Plt rektor hingga 24 Juli 2022. “Kalau mengangkat Plt lain, salah satu syaratnya minimal Lektor Kepala. Sementara disini (USN) hanya dua Lektor Kepala (Ruslin Hadanu dan Nur Ihsan), dan semua menjadi kandidat calon rektor, makanya tidak boleh,” kata Andi Lukman, Rabu (6/6).

baca juga : Tiga Besar Calon Rektor USN Terpilih, Rosnawintang Tersisih

Kementerian kata Andi Lukman, menugaskannya untuk mengawal proses Pilrek USN agar berjalan damai dan sukses.”Hal yang biasa itu, dalam pemilihan rektorterjadi saling dukung mendukung. Namun hal tersebut jangan sampai menimbulkan perpecahan di kampus USN ini,” ujarnya.

Pilrek USN tahap pertama sudah dilaksanakan pada 24 Juni 2020 lalu. Tiga kandidat yang lolos ke tahap pemilihan selanjutnya adalah Prof Ruslin Hadanu, Dr Nur Ihsan, dan Dr Jabal Nur. Selain melibatkan 21 anggota Senat, pemilihan tahap kedua juga akan diikuti oleh Kemendikbudristek yang memiliki 35 persen hak suara. Pemilihan tahap kedua dijadwalkan paling lambat berlangsung pada 23 Juli 2022. “Sesuai aturan, paling lama tanggal 23 Juli sudah pemilihan, dalam hal ini ada suara Menteri dan suara Senat,” katanya.

Andi Lukman juga memastikan tidak akan membuat atau memutuskan hal-hal yang sifatnya kebijakan strategis selama menjadi Plt Rektor di Kampus Merah Marun itu. “Plt Rektor boleh membuat kebijakan strategis, namun harus berkoordinasi dengan Kementerian,” pungkasnya. (c)

reporter : Arlin
editor : Linri

Komentar