Tiga Prodi USN Kolaka Terakreditasi B

Headline297 views

Kolaka, SATUSULTRA – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka kembali mencatat kinerja positif. Setelah mengikuti akreditasi yang dilaksanakan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK), dua program studi yakni Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Bahasa Indonesia berhasil meraih akreditasi B, Baik Sekali.

Bagi prodi pendidikan bahasa inggris, itu merupakan kali ketiga mendapatkan akreditasi B. Sedangkan pendidikan bahasa indonesia, berhasil meningkatkan statusnya. Dengan akreditasi B dua prodi itu, berarti USN Kolaka telah memiliki tiga prodi berakreditasi B. Satu lainnya adalah prodi hukum.

Rektor USN Kolaka Dr. Nur Ihsan berharap akreditasi yang telah dicapai dapat terus ditingkatkan. Ia juga berharap agar program studi lain di USN Kolaka, dapat meningkatkan kapasitas dan terakreditasi. “Dalam akreditasi itu ada beberapa aspek yang dinilai, mulai dari proses penyelenggaraan kuliahnya, sarpras, terakhir bagaimana lulusannya terserap ke dunia kerja. Jadi tidak bisa lagi kampus berpikir sekedar mencetak alumni, tapi bagaimana kampus memikirkan penempatan atau alumni ini bisa bekerja dengan layak,” terangnya, Kamis (5/1/2023).

Dengan peningkatan akreditasi Prodi, USN juga akan menatap peningkatan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT). Beberapa poin yang harus dicapai terlebih dahulu untuk APT, diantaranya 30 persen prodi sudah terakreditasi B. Dengan kondisi saat ini yang baru 10 persen Prodi terakreditasi, rektor menyebut akan butuh usaha keras untuk APT. Namun USN punya harapan besar, karena dalam tahun ini, 7 Prodi lainnya akan mengikuti akreditasi. “Kita sudah punya pengalaman dari akreditasi prodi pendidikan Bahasa Inggris dan pendidikan Bahasa Indonesia baru-baru ini, itu sangat berharga untuk diambil pelajaran oleh prodi lain,” ungkapnya.

Rektor yang sebelumnya menjabat Dekan FKIP ini, menyebut semakin banyak prodi terakreditasi, akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap mutu pendidikan di USN. “Biasanya perusahaan akan memperhatikan lulusan Universitasnya darimana, kemudian akreditasi prodi dan perguruan tingginya apa, dengan adanya jaminan mutu lulusan maka tidak ada kehawatiran bagi pengguna jasa nanti dalam hal lulusan, belum bisa semua prodi, tetapi kami pelan-pelan kita akan dorong semua kesitu semua,” tambahnya.

Ketua prodi Bahasa Indonesia USN Takwa Rahman mengatakan, telah melakukan persiapan sejak Juli 2022 untuk mengikuti akreditasi. Salah satu hal yang menurutnya cukup berperan dalam peningkatan akreditasi prodinya adalah penyerapan alumni Prodi Bahasa Indonesia di dunia industri.

Sedangkan Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris USN Lina Anisah berujar tahun ini berhasil mempertahankan akreditasi B. Namun kedepannya, ia menargetkan Prodi Bahasa Inggris dapat meningkatkan akeditasi menjadi A unggul. “Kita sudah tiga kali terakreditasi B Baik Sekali. Lima tahun lagi kita target meningkatn akreditasi menjadi A unggul,” tandasnya. (lin)

Komentar