Tiga Besar Calon Rektor USN Terpilih, Rosnawintang Tersisih

Headline2131 views

Kolaka, SATUSULTRA – Prosesi pemilihan rektor USN, tahap pertama tuntas. Seluruh anggota senat yang berjumlah 21, memberi hak suaranya pada empat calon rektor USN yakni Rosnawintang, Ruslin Hadanu, Nur Ikhsan dan Jabal Nur.

Hasil pemilihan tahap pertama, Ruslin Hadanu memperoleh suara terbanyak dengan 15 suara, disusul Nur Ikhsan 5 suara. Jabal Nur dan Rosnawintang masing-masing mendapat 0 suara. Satu suara dinyatakan batal.

Sesuai syarat yang ditentukan Kemendikbud Ristek, senat harus memilih tiga calon rektor untuk mengikuti Pilrek tahap kedua, maka anggota senat melaksanakan pemilihan ulang untuk memilih satu diantara dua peringkat terakhir yang memiliki suara sama, yakni Rosnawintang dan Jabal Nur.

Hasilnya, Jabal Nur berhasil mengungguli Rosnawintang sehingga berhak melaju sebagai salah satu dari tiga calon rektor USN untuk Pilrek tahap II. Dengan hasil tersebut, maka dipastikan, Rosnawintang tersisih pada tahap pertama Pilrek USN.

baca juga : Sidang Terbuka Senat USN, Empat Calon Rektor Cabut Nomor Urut

Ketua Panitia Pilrek USN, Yahyanto mengatakan tiga calonn rektor tersebut akan mengikuti Pilrek tahap II yang juga akan diikuti perwakilan Kemenristek Dikti sebagai pemilik 35 persen suara. “Kami akan laporkan berita acara hasil sidang senat ini ke Kemendikbud Ristek,” kata Yahyanto.

Pelaksanaan Pilrek tahap II, kata Yahyanto masih akan menunggu konfirmasi kesiapan Kemenristek Dikti. “Kita akan tunggu hingga satu minggu ke depan, apakah kementerian akan melakukan pemilihan atau tidak,” tutup Yahyanto. (b)

reporter : Arlin
editor : Linri

Komentar