Tingkatkan SDM Pariwisata, Dispar Sultra Helat Pelatihan Bidang Pelayanan Makanan dan Minuman

Metro234 views

Baubau, SATUSULTRA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Pariwisata terus berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pariwisata. Salahsatunya, dengan melaksanakan pelatihan SDM bidang pelayanan makanan dan minuman.

Pelatihan yang berlangsung pada 26 hingga 28 Juli 2022 ini, dilaksanakan di aula Villa Nirwana, Kota Baubau. Pelatihan diikuti oleh pengelola rumah makan, restoran, hotel dan cafe shop.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sulawesi Tenggara, Erwin Tahir, mewakili Kadis Pariwisata Sultra.

Pria yang akrab disapa Erwin ini mengatakan, pelatihan dilaksanakan untuk memberi pengetahuan dan pemahaman sistem SOP serta pentingnya pelayanan makanan dan minuman profesional.

baca juga : 18 Desa Wisata Sultra Masuk Tahap Kurasi ADWI 2022

Pelatihan bagi para wirausaha ini menghadirkan narasumber yakni Kepala Dinas Pariwisata kota Baubau H. Idrus Saidi serta akademisi DR Andi Hasbi, dan Sariden S.ST. Par.

“Kegiatan ini merupakan agenda peningkatan SDM di sektor pariwisata dan agenda pelatihan ini khusus untuk pelatihan para pelaku usaha bidang kepariwisataan agar dapat berinovasi di kota Baubau,” ujar Erwin.

Ia berharap melalui pelatihan tersebut, para pelaku usaha mampu mengimplementasikan kompetensinya, meningkatkan pengetahuan, motivasi, dalam memberikan pelayanan makanan dan minuman yang dapat berguna untuk pembangunan pariwisata kedepannya di Baubau.

“Melalui pelatihan ini diharapkan dapat menciptakan inovasi baru. Sehingga siap bersaing di masa pandemi hingga berkelanjutan,” tambahnya.

Senada, Kepala Dinas Pariwisata Baubau H. Idrus Saidi berharap kegiatan ini dapat meningkatan Inovasi dan higienitas para pelaku usaha dalam meningkatkan kunjungan pariwisata di Baubau.

“Kita harapkan restoran dan rumah makan bisa menerapkan prinsip- prinsip usaha yang berkelanjutan. Menciptakan inovasi dan kreativitas yang membawa kenyamanan bagi para wisatawan yang berkunjung. (c)

reporter : Putra Butuni
editor : Linri

Komentar