Sepuluh Tahun Lumpuh, Bhabinkamtibmas Bantu Kursi Roda untuk Wa Gia

Metro238 views

Baubau, SATUSULTRA – Wa Gia, seorang nenek berusia 59 tahun di kecamatan Gu, kabupaten Buton Tengah hidup dalam kondisi memprihatinkan sepuluh tahun belakangan. Ia mengalami kelumpuhan usai terjatuh dari motor ojek. Kondisi itu membuat ia kehilangan produktifitas dan harus berjalan merangkak.

Namun sedikit harapan menghampirinya. Bhabinkamtibmas kelurahan Bombonawulu dan Desa Lowulowu Polsek Gu Polres Baubau, Aipda Sardin memberikan bantuan berupa satu unit kursi roda.

Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo, SIK melalui Kapolsek Gu Ipda Samsudin mengatakan, sejak lumpuh Wa Gia hanya dapat menggantungkan hidupnya dari uluran tangan dermawan. Tiap hari ia merangkak sekitar 50 meter dari rumah, menuju lokasi tempatnya berharap uluran tangan dari pengendara.

“Si nenek, Kehidupannya mengharapkan uluran tangan masyarakat dan mengharapkan uluran tangan kepada kendaraan siapapun yang melintas di wilayah diseputaran rumahnya,” ujar Samsudin, Jumat (14/10/2022).

baca juga : Bertemu “Dukun” Aspal, Pj Bupati Buton Yakin Bawa Aspal Buton Mendunia

Jarak 50 meter tersebut tiap hari ia tempuh dengan waktu sekitar 30 menit. Ia menyeret tubuhnya diatas papan untuk menghindari gesekan dengan tanah. Itupun, sambil menahan rasa sakit akibat patah ditulang pahanya.

Selain menyerahkan bantuan kursi roda itu, Aipda Sardin kata Ipda Samsuddin, juga melatih penggunaannya, hingga Wa Gia dapat menggunakannya sendiri.

Biasanya nenek ini berjalan hampir setengah jam ke jalan raya tapi sekarang dengan bantuan kursi roda nenek Wa Gia bisa menempuh jalan kurang lebih hanya 5 menit,” bebernya.

Atas bantuan kursi roda tersebut, Wa Gia mengucapkan terima kasih kepada polisi sambil tersenyum dengan penuh keharuan.

Sementara itu Bhabinkambtimas Polsek Gu Ipda Sardin menyerahkan secara langsung kursi roda tersebut mengungkapkan, penyerahan kursi roda kepada nenek Wa Gia tersebut sebagai bentuk kepedulian polisi terhadap warga binaannya yang membutuhkan.

“Ini adalah bentuk kepedulian saya sebagai polisi terhadap warga binaan yang membutuhkan kursi roda karena sakit lumpuh dan tidak bisa berjalan selama bertahun-tahun, semoga dengan adanya kursi roda ini bisa bermanfaat bagi warga yang membutuhkan,” tuturnya. (c)

reporter : Putra Butuni
editor : Linri Merinda

Komentar