Tinjau Persiapan Pabrik Kelapa Sawit, Bupati Kolaka : Berdayakan Warga Sekitar

Headline290 views

Kolaka, SATUSULTRA – Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, meninjau lokasi persiapan pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit PT Madinra di Sopura, Pomalaa, kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Pada kesempatan tersebut, bupati didampingi Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Mustajab, Kadis PUPR H.Abbas, Kadis Kominfo, Kabag Prokopim dan Jajaran Direktur PT Madinra.

Bupati berharap agar PT Madinra dapat mempercepat pembangunan pabrik pengolahan sawit dan memberdayakan masyarakat sekitar agar pembangunan perekonomian daerah dan masyarakat terdongkrak. “Saya berharap kepada pihak PT Madinra agar memberikan bibit kelapa sawitnya kepada masyarakat sekitar lokasi kelapa sawit, yang nantinya hasil panen dari kelapa sawit milik masyarakat dapat dijual kembali kepada PT Madinra,” ujar bupati Ahmad Safei, Selasa (10/5/2022).

Permintaan tersebut disahuti direktur PT Madinra, Sudarwanto. Menurutnya, perusahaan memang memberdayakan masyarakat sekitar perkebunan. “Kami juga memberdayakan masyarakat lokal di perkebunan kelapa sawit,” kata Sudarwanto.

baca juga : Fortuner Hantam Jupiter MX di Perempatan Pelabuhan Kolaka, Pemotor Terpental Lima Meter

Untuk saat ini, PT Madinra masih menjual hasil panennya ke kabupaten lain di Sultra. Namun setelah pabrik pengolahan dibangun, perusahaan akan mengolah sendiri sawit produksinya. “Insyaallah tahun ini akan kami selesaikan pembangunannya. Kedepannya bila pabrik ini telah selesai, kami akan membutuhkan sekitar 150 orang tenaga kerja lokal,” ungkap Sudarwanto.

“Lahan penanaman kelapa sawit PT Madinra di kecamatan Pomalaa seluas 1500 hektar. Saat ini, perusahaan telah berhasil memanen 400 hektar,” pungkas Sudarwanto. (lin)

Komentar