Tinggal Tunggu Dilantik, Kemendagri Tunjuk Tiga Pj Bupati di Sulawesi Tenggara

Headline2254 views

Kendari, SATUSULTRA – Siapa yang akan menjabat bupati di kabupaten Buton Selatan (Busel), Muna Barat (Mubar) dan Buton Tengah (Buteng), pasca purna tugasnya para bupati definitif tiga daerah itu, terjawab sudah. Pj.Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Tenggara, Asrun Lio telah menerima Surat Keputusan (SK) penetapan Pj Bupati dari Kementerian Dalam Negeri.

Seperti diketahui, tiga kepala daerah definitif di Sultra yakni Mubar, Buteng dan Busel berakhir masa jabatannya pada Minggu (22/5/2022). Pemprov Sultra telah bersurat ke Kemendagri terkait usulan Pj.bupati untuk tiga kabupaten tersebut.

Asrun Lio yang dihubungi pada Sabtu (21/5/2022) mengatakan, Kemendagri telah menetapkan Pj.bupati Mubar, Buteng dan Busel. Dari tiga nama, satu nama merupakan usulan gubernur Sultra Ali Mazi, dua lainnya usulan Kemendagri.

baca juga : Sekda Definitif Koltim Masih Tunggu Pemprov Sultra

Akademisi asal Moronene, Bombana ini menerangkan, untuk pejabat hasil usulan Gubernur Ali Mazi yakni La Ode Budiman yang saat ini menjabat Sekda Busel, akan dilantik menjadi Pj.Bupati Busel. Sedangkan dua usulan Kemendagri yakni Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kemendagri, Bahri ditunjuk sebagai Pj.Bupati Muna Barat, dan Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah Sultra, Muhammad Yusuf, sebagai Pj.Bupati Buton Tengah.

“Bapak Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH telah melakukan pengusulan ke pemerintah pusat dan SK nya telah kami terima. Selanjutnya SK ini akan kami laporkan kepada bapak Gubernur,” ujar lulusan S3 The Australian National University (ANU) Canberra ini.

Terkait pelantikan Pj.Bupati, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra ini belum dapat memastikannya, karena masih menunggu petunjuk selanjutnya. (b)

reporter : putra butuni
redaktur : linri merinda

Komentar