Wabup Kolaka Canangkan BIAN Untuk Tingkatkan Angka Imunisasi

Metro266 views

Kolaka, SATUSULTRA – Wakil bupati Kolaka, Muh.Jayadin mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Mengangkat tema “Melindungi Anak Indonesia Dari Penyakit-penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi” ini dilaksanakan di Puskesmas Kolakasi, Kolaka, Kamis (19/5/2022).

Pencanangan BIAN merupakan wujud kesiapan Pemkab Kolaka untuk meningkatkan kembali angka imunisasi. Sebab, pada masa pandemi Covid-19, kegiatan imunisasi menurun drastis karena pembatasan aktivitas masyarakat.

Wabup Muh.Jayadin mengatakan Pemkab Kolaka mendukung penuh pengendalian penyakit global seperti polio, campak, rubela dan sebagainya yang dapat dicegah dengan imunisasi polio.

Pelaksanaan BIAN di Kolaka kata Wabup, akan dilaksanakan selama satu bulan dengan jumlah sasaran untuk imunisasi campak dan rubella sebanyak 56.021 jiwa. “Bulan imunisasi anak nasional adalah salah satu ikhtiar kita agar terbebas dari kejadian luar biasa penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi,” ujarnya.

Wabup berharap agar seluruh pihak dapat mendukung pelaksanaan BIAN di Kolaka agar berlangsung sukses. “Saya meminta dukungan kita semua secara terpadu agar bulan imunisasi anak nasional dapat tercapai dengan hasil yang maksimal,” harapnya.

baca juga : Sosialisasi PID, Dinkes Kolaka Harap Imunisasi Makin Tersosialisasi

Sementara itu, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kolaka dr. Muhammad Aris, menjelaskan ada dua agenda besar dalam BIAN. Pertama, imunisasi kejar yang bertujuan untuk melengkapi imunisasi pada semua balita yang mungkin sempat terlewat sehingga imunisasi dasarnya tidak lengkap. Kedua, imunisasi MR (Measless Rubella) yang bertujuan melindungi anak dari penyakit Campak dan Rubella. “Secara Global capaian imunisasi dasar pada anak menurun selama pandemi Covid19, oleh karena itu pelaksanaan BIAN ini bertujuan untuk melengkapi pemberian imunisasi pada anak baik imunisasi pada balita sampai pada anak usia Sekolah Dasar,” ungkapnya.

“Kami berharap kepada teman-teman khususnya media agar membantu kami mensosialisasikan pencanangan bulan imunisasi anak nasional ini, sebagaimana kita ketahui bahwa masih banyak orang beranggapan imunisasi anak nasional adalah suntikan vaksin, maka kita harus luruskan bahwa hal ini tidak benar,” tambahnya.

Turut hadir pada acara ini Ketua DPRD Kolaka Syaifullah Halik, Ketua IDI Dr. Hakim Nur Mampa, Kadis Kesehatan, Camat Latambaga, Camat Kolaka, Camat Baula, Lurah serta tamu undangan lainnya. (lin)

Komentar