Lantik 24 Kades, Safei Titip Pesan Pembangunan Desa

Daerah2104 views

Kolaka, SATUSULTRA – Sebanyak 24 Kepala Desa (Kades) di kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, hasil pemilihan Pilkades serentak pada Mei 2023, dilantik oleh bupati Kolaka H. Ahmad Safei. Para Kades dilantik di pendopo Rumah Jabatan bupati Kolaka pada Senin (26/6/2023).

Safei mengingatkan para Kades yang baru dilantik untuk dapat merangkul seluruh elemen di desa, termasuk rivalnya saat Pilkades. Sebagai pemerintah, Kades harus mampu menjaga persatuan dan kesatuan di pemerintahan desa.

“Itu agar pemerintahan di desa dapat berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Pemerintahan desa juga terang bupati dua periode itu, tak dapat berjalan sendiri. Keterlibatan seluruh elemen di desa, akan membuat dinamika pemerintahan akan berjalan baik. Karena itu ungkapnya, Kades harus mampu membangun dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun desa.

“Kades harus mampu memberi motivasi kepada masyarakat sehingga masyarakat mampu meningkatkan partisipasinya dalam pembangunan desa,” katanya.

Pelantikan 24 Kades terpilih itu, turut dihadiri Wakil Bupati Kolaka, H Muh Jayadin, ketua DPRD Kolaka Syaifulah Halik, Forkopimda, dan pimpinan SKPD lingkup Pemkab Kolaka, serta para warga dari 24 desa.

Safei juga mengingatkan para Kades untuk memanfaatkan dana desa sebaik mungkin agar program pembangunan desa yang direncanakan, dapat berjalan optimal.

“Kepala desa wajib mendorong terselenggaranya otonomi desa agar tujuan peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan bagi masyarakat desa dapat tercapai,” tandas Safei. (lin)

Komentar