Jelang Pilkada, Pengurusan Dokumen Kependudukan di Dinas Dukcapil Kendari Meningkat Drastis

advertorial

Kendari, SATUSULTRA – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar secara serentak tahun 2024 mendatang, pengurusan dokumen kependudukan khususnya Kartu Tanda Penduduk (KTP) di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kota Kendari mengalami peningkatan.

Pengurusan dokumen kependudukan di Disdukcapil Kota Kendari semakin padat jelang Pilkada.

Kepala Disdukcapil Kota Kendari Iswanto Donge melalui Sekretaris Dudy Laewany mengatakan, pengurusan e-KTP di Mall Pelayanan Publik (MPP) perharinya di perkirakan mencapai sekitar 200 orang.

“Memang mengalami peningkatan pengurusan e-KTP jelang Pilkada ini jika dibandingkan dengan hari-hari biasa,” ucapnya, Jumat (28/6/2024).

Dalam sehari, Disdukcapil Kota Kendari mencatat sekitar 200 warga mengurus dokumen kependudukan.

Dalam kesempatan itu, Dudy Laewany mengatakan bahwa pihaknya belum lama ini telah mendapatkan bantuan 15 ribu blangko e-KTP dari Dirjen Dukcapil, namun jumlah tersebut dinilai masih kurang, sebab hanya bisa bertahan beberapa bulan ke depan.

“Jika diakumulasi 200 e-KTP setiap hari maka itu hanya akan bertahan hanya beberapa bulan. Apalagi ada pembaruan e-KTP untuk warga Kecamatan Nambo dan Kelurahan Wandubatu,” bebernya.

Disdukcapil Kota Kendari juga baru mendapat tambahan 15.000 blangko e-KTP.

Dudy Laewany lebih lanjut mengimbau masyarakat kota Kendari untuk melakukan perekaman e-KTP, sebab dokumen kependudukan sangat diperlukan dalam mengurus dokumen lainnya. Begitu juga warga yang telah berusia 17 tahun untuk segera melakukan perekaman e-KTP.

“Kita imbau masyarakat yang berkeinginan membuat KTP bisa langsung datang di Mall Pelayanan Publik di kantor Balai Kota Kendari, dan bisa juga melalui UPTD yang berada di setiap Kecamatan yang ada di kota Kendari,” tandasnya. (*/adv)

Komentar