Wabup Kolaka Ingin Musrenbang Tuntaskan Program SMS-Berjaya

Metro279 views

Kolaka, SATUSULTRA – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan se kabupaten Kolaka berlanjut di kecamatan Iwoimendaa, Selasa (17/1/2023). Wakil Bupati Muhammad Jayadin yang hadir saat itu, menginginkan Musrenbang tahun ini lebih fokus untuk menuntaskan program pembangunan SMS Berjaya yang sudah berjalan 9 tahun.

Tahun ini, merupakan tahun terakhir dari periode kedua pasangan bupati Ahmad Safei dan Wabup Jayadin. Karenanya, ia berharap berbagai program pembangunan yang belum tuntas selama dua periode memimpin Kolaka, dapat dituntaskan melalui Musrenbang ini.

“Saya berharap di Musrenbang 2023 ini untuk menyesaikan program-program di tahun-tahun sebelumnya yang belum selesai. Jangan bikin program baru lagi, tapi mari kita maksimalkan program berkelanjutan yang belum tuntas. Supaya semua program yang kita sudah dilaksanakan selama 9 tahun kepemimpinan SMS-Berjaya ini betul-betul memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Jayadin saat membuka Musrenbang tingkat kecamatan di Iwoimendaa.

Ia mengatakan, selama 9 tahun memimpin Kolaka, SMS-Berjaya sudah memberikan karya nyata dengan merealisasikan berbagai program untuk kepentingan masyarakat. Namun demikian, dari sekian program pembangunan yang sudah berjalan, masih ada yang belum maksimal bahkan belum tuntas dikerjakan.

“Tentu tidak semua hal yang kita rencanakan bisa terlaksana, tapi paling tidak sudah ada yang selesai,” ujarnya.

Jayadin juga menyebut ada beberapa pekerjaan lainnya yang telah selesai namun sampai saat ini belum dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Jadi, saya berharap usulan masyarakat dalam Musrenbang ini betul-betul menyelesaikan apa yang belum tuntas. Dan kalau pun ada program lain itu benar-benar prioritas yang betul-betul dibutuhkan masyarakat,” katanya.

Selain itu, Jayadin juga menginginkan ditahun depan program fisik dikurangi dan lebih mempriotaskan program pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Menurutnya, pembangunan SDM sangat penting untuk menyambut peluang kerja dibeberapa pertambangan yang beroperasi di Kolaka.

“Kedepan kegiatan fisik sudah mulai kita kurangi, karena 9 tahun kita sudah fokus untuk fisik. Jadi ditahun terakhir ini kita maksimalkan untuk pembangunan SDM. Sekarang akan terbuka lowongan kerja dibeberapa perusahaan pertambangan seperti PT Vale, PT IPIP, dan PT Ceria. Jadi ini perlu kita persiapkan bagi anak-anak kita untuk mengambil peluang ini,” jelasnya. (lin)

Komentar