Penyerahan Bantuan Tenaga Kerja Mandiri dalam Program Perluasan Kesempatan Kerja

Daerah264 views

Kolaka timur, SATUSULTRA – Dalam rangka meningkatkan peluang kerja dan mendukung kemandirian ekonomi masyarakat, Pemerintah daerah kabupaten Kolaka timur meluncurkan program perluasan kesempatan kerja. Hari ini,bupati Kolaka timur secara resmi menyerahkan bantuan tenaga kerja mandiri kepada sejumlah penerima manfaat di acara yang diadakan di Aula Pemda Kolaka Timur,( 20/12/2023 ).

Program ini bertujuan memberikan dukungan kepada individu atau kelompok yang ingin memulai usaha mandiri atau mengembangkan keterampilan untuk meningkatkan daya saing di pasar kerja. Bantuan tersebut mencakup pelatihan keterampilan, modal usaha, serta pendampingan untuk membantu para penerima manfaat meraih kesuksesan dalam dunia usaha.

Sambutan bupati kolaka timur, Alhamdulillah pada pagi hari ini siang hari ini kita semua sehat, kita semua kuat, di berikan nikmat kesempatan untuk bisa bersama sama hari dan dalam rangka penyerahan bantuan tenaga kerja mandiri berdasarkan program perluasan kesempatan kerja.

Berdasarkan peraturan pemerintah Nomor 30 tahun 2027 tentang pembagian urusan pemerintahan antara pemerintah pusat pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten, bahwa urusan ketenagakerjaan merupakan urusan yang bersifat wajib yang di laksanakan pemerintah daerah kab. Kolaka timur.

“Tingginya tingkat penggaguran atau pencari kerja yang terus bertambah secara signifikan setiap tahunnya dengan bertambah nya tingkat kelulusan dari berbagai strata pendidikan baik tingkat menegah atas hingga Perguruan tinggi adalah semua tantangan dan pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah kab. Kolaka timur”.Jelasnya.

Sementara di sisi lain terbatasnya lowongan kerja yang dapat menampung pencari kerja tersebut sehingga penyerapan ketenagakerjaan terbatas kondisi ini menuntut pemerintah harus kreatif mengeluarkan program program yang berbasis ekonomi, life skill, program lainnya guna menekan angka pengangguran.

Di ketahui penyerahan bantuan tenaga kerja mandiri antara lain :

  • Perbengkelan : 10 kelompok
  • pertukangan kayu : 11 kelompok
  • menjahit : 10 kelompok
  • pengelolaan gula aren : 1 kelompok
    Total keseluruhan 32 paket.

Penyerahan bantuan tenaga kerja mandiri ini di serahkan secara simbol oleh bupati kolaka timur kepada salah satu penerima manfaat alat-alat perbengkelan.

Hari ini kita lagi penyaluran bantuan penguasaan Ketenagakerjaan karena ada beberapa di masing masing kecamatan setelah kita potret ternyata banyak kekurangan salah satunya prasarana2 yang harus di butuhkan tadi kt sudah serahkan ada kurang lebih 32 paket salah satunya yaitu mesin jahit, perbengkelan, pertukangan termasuk gula aren.

“Harapan saya mudah mudahan dengan di berikan ya bantuan hari ini kita harus meningkatkan hasil dan karya karya potensi kedepan terus menjaga bantuan hari ini Mari kt sama sama dan menjaga dan merawat sehingga ini bisa di gunakan secara panjang ke depan nya”.( tutupnya) .

Reporter dhery hermansyah

Komentar