Pemkab Kolaka Meparamisi Ambil Air Suci untuk Pendirian Nusantara

Daerah248 views

Kolaka, SATUSULTRA – Pemerintah Kaupaten (Pemkab) Kolaka, Sulawesi Tenggara turut mengambil bagian dalam peresmian Ibukota Negara (IKN) Republik Indonesia, Nusantara.

Hal itu terwujud melalui ritual adat budaya Tolaki Mekongga, Meparamisi untuk mengambil air suci di makam Sangia Nibandera. Air tersebut akan dibawa ke Kalimantan Timur yang nantinya berdiri ibukota baru Indonesia, Nusantara.

baca juga : Launching ACS Mendidoha, Wabup Kolaka Tekankan Intervensi Pemerintah

Wakil bupati Kolaka, Muh.Jayadin yang turut menghadiri ritual Meparamisi, mengatakan Meparamisi adalah prosesi ritual permohonan izin kepada leluhur di Makam Sangia Nibandera.

“Pengambilan air yang dianggap suci di Makam Sangia Nibandera tidak serta merta diambil begitu saja, tapi harus melalui beberapa proses ritual dan pengambilan air ini diperuntukkan pada kepentingan yang khusus,” ujarnya melalui rilis, Minggu (13/3/2022).

Lanjutnya, disampaikan pula bahwa Bokeo Laduma adalah gelar pada orang yang pertama mendirikan sholat Jumat di daerah Mekongga yang sekarang menjadi Kabupaten Kolaka.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sultra dan Pemerintah Pusat karena kami dapat memberikan sumbangsih untuk pendirian Ibu Kota Negara Baru. Semoga dengan apa yang kami berikan ini nantinya dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara terkhusus masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

Selain Wabup, ritual Meparamisi juga dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kolaka H.Poitu Murtopo, Raja Bokeo, Anggota DPRD, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat serta Pemerintah Kecamatan Wundulako yang dilaksanakan di Makam Sangia Nibandera Kolaka, beberapa waktu lalu. (tria)

Komentar