Lagi, Pj. Bupati Buton Raih Penghargaan

Percepatan Penurunan Stunting dan Pembangunan Daerah

Daerah2151 views

Baubau, SATUSULTRA – Kinerja Pj. Bupati Buton Basiran dalam membangun daerahnya, terus menunjukkan hasil membanggakan. Pengakuan pembangunan Basiran datang dari skala Pemprov dan nasional. Terbaru, Pemkab Buton dibawanya meraih dua penghargaan sekaligus, yakni Terbaik II atas Kinerja Kabupaten dalam Pelaksanaan Aksi Konvergensi Upaya percepatan Penurunan Stunting Terintegrasi Tahun 2022 dan Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2023 Terbaik III Kategori Perencanaan dan Pencapaian Daerah Tingkat Kabupaten/Kota.

Kedua Penghargaan itu diserahkan langsung Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, SH secara bersamaan pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Provinsi Sultra dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 di Nirwana Villa Kota Baubau, Senin 20 Maret 2023.

Penghargaan penanganan Stunting diterima Langsung Pj. Bupati Buton, Drs. Basiran, MSi dan Penghargaan Pembangunan Daerah diwakili Kepala Bappeda Kabupaten Buton, Ahmad Mulia, SPt, MSi.

Basiran mengatakan, penghargaan tersebut merupakan pencapaian atas kerja keras dan komitmen seluruh OPD dan ASN Pemkab Buton.

“Awards ini adalah kerja keras kita semua. Untuk itu saya menyampaikan terima kasih kepada semua OPD dan seluruh ASN se-Kabupaten Buton yang telah memberikan terbaik, sehingga Kabupaten Buton mendapatkan apresiasi dari bapak Gubernur Sultra sebagai terbaik III Pembangunan daerah dan terbaik II penangannan stunting,” kata Pj. Bupati Buton usai penerimaan Awards dalam pesan singkatnya.

Gubernur Ali Mazi berpose bersama para kepala daerah peraih penghargaan dari Pemprov Sultra.

Ia lalu menjabarkan, dalam aksi penurunan percepatan dan penanganan stunting, Pemkab Buton membuat beberapa terobosan, diantaranya Bergerak Bersama, Buton Sehat bebas Stunting, dengan membentuk orang tua asuh bagi balita stunting di kabupaten Buton.

Dalam program tersebut, Pemkab Buton melibatkan Forkopimda, semua pejabat sturuktural, fungsional, maupun pejabat di Lembaga vertikal. Termasuk melibatkan perbankan, pengusaha, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

“Mereka menjadi orang tua untuk bergerak bersama menangani stunting di Kabupaten Buton,” kata Basiran.

Selain itu, Basiran juga menghimbau dan memerintahkan para Camat, Kades dan Lurah bersama TP PKK dan Dharma Wanita berkalaborasi dengan tenaga medis setempat untuk memonitoring langsung ibu hamil, balita di wilayahnya, termasuk pelaksanaan posyandu dan pengukuran bayi.

Untuk pemenuhan gizi, Basiran menginstruksikan pemanfaatan pekarangan rumah untuk memenuhi kebutuhan gizi, utamanya dalam mengintervensi penanganan percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Buton.

“Singktanya internvensi dilakukan secara terkoordinir, terpadu, dan bersama-sama menyasar kelompok sasaran prioritas yang tinggal di desa untuk mencegah stunting,” jabar Basiran.

Sedangkan dalam program pembangunan daerah, Pj, Bupati mendukung sepenuhnya program prioritas nasional yang tertuang dalam RKPD untuk menghasilkan perencanaan yang berkualitas, pencapaian target-target pembangunan daerah. Basiran juga mendorong OPD untuk melakukan inovasi guna mempercepat dan memperlancar pelaksanaan tugas-tugas OPD dalam melakukan pelayanan sesuai tupoksi masing-masing.

“Inovasi kebijakan itu tentu disesuaikan dengan keadaan, dengan situasi dan kondisi Kabupaten Buton,” ungkap mantan Kepala BPKAD Sultra ini.

Sementara itu, gubernur Ali Mazi menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Menteri Perencanaan pembangunan Nasional/Kepala Bapennas yang diwakili oleh Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Prioritas Nasional dan menteri dalam negeri yang diwakili oleh Dirjen Bina Pembangunan daerah.

“Musrembang provinsi merupakan strategis pembangunan daerah dalam bentuk program sehingga target sasaran pembangunan daerah tahun 2024 dan penyelenggara musrenbang RKPD dapat mewujudkan tujuan perencanaan pembangunan nasional,” ungkapnya. (c)

Reporter : Putra Butuni

Editor : Linri Merinda

Komentar