Andap Budhi Revianto Ditunjuk jadi Pj. Gubernur Sultra

Headline2138 views

Kendari, SATUSULTRA – Teka – teki siapa yang akan menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), terjawab sudah. Komjen Pol. Andap Budhi Revianto resmi ditunjuk oleh Presiden’ menjadi Pj. Gubernur Sultra, menggantikan Ali Mazi – Lukman Abunawas, yang berakhir masa jabatannya pada 5 September 2023.

Bersama 9 nama lainnya, Andap Budhi dimandati Jokowi untuk menduduki posisi tersebut, dalam rapat Tim Penilaian Akhir (TPA) yang berlangsung di Istana Merdeka – Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Mantan Kapolda Sultra itu, akan dilantik oleh Mendagri, Tito Karnavian, pada 5 September.

Lulusan Akpol 1988 itu, saat ini menjabat sebagai Sekjen Kemenkum HAM RI. Sebelum bertugas di Kemenkum HAM, pria kelahiran 23 Juni 1966 tersebut, diketahui pernah menjadi kepala kepolisian Daerah (Kapolda) di beberapa daerah di Indonesia.

Andap pernah menjabat sebagai Kapolda Riau pada 13 Agustus 2018 – 1 Mei 2020. Lalu pada 8 Maret – 13 Agustus 2018, dia menjabat sebagai Kapolda Maluku. Dan sebelumnya, pria berpangkat komisaris jenderal polisi itu, pernah menakhodai Polda Sultra pada periode 12 Desember 2016 – 8 Maret 2018.

Selain Andap, dalam rapat Tim Penilaian Akhir (TPA) pada Kamis (31/8/2023), Jokowi juga menunjuk 9 nama lainnya untuk menjadi Pj. gubernur di 9 provinsi di Indonesia, pada sidang TPA yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi dan dihadiri Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis 31 Agustus 2023.
Berikut nama-nama Pj. Yang akan diambil sumpahnya :

  1. Sang Made Mahendra Jaya menggantikan Gubernur Bali Wayan Koster.
  2. Nana Sudjana menggantikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
  3. Bey T Machmuddin menggantikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
  4. Hassanudin menggantikan Gubernur Sumatera Utara Edi Rahmayadi.
  5. Harisson Azroi menggantikan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji.
  6. Andap Budhi Revianto menggantikan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi.
  7. Bachtiar Baharuddin menggantikan Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.
  8. Ridwan Rumasukun menggantikan Gubernur Papua Lukas Enembe.
  9. Ayodhia Kalake menggantikan Gubernur NTT Viktor Laiskodat.
  10. Gita Ariadi menggantikan Gubernur NTB Zulkieflimansyah

10 orang Penjabat Gubernur itu, akan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, di Kementerian Dalam Negeri, pada Selasa 5 September 2023.

“Mereka akan dilantik dengan waktu yang tidak terlalu lama, karena akan dilantik segera oleh Mendagri atas nama Presiden,” kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin, Jumat (1/9). (b)

editor : Indri

Komentar