Pemkab Kolaka Raih Prestasi Gemilang di Lomba Kampung Keluarga Berkualitas Nasional

Kolaka, SATUSULTRA – Kekompakan dan solidaritas yang tinggi dapat mengubah daerah yang tertinggal menjadi kampung maju dan berkualitas. Kegigihan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Kolaka bekerja optimal untuk mewujudkan desa yang maju. Alhasil, Kolaka bisa membuktikan hasil yang membanggakan.

Pemerintah Kabupaten Kolaka menerima dua penghargaan tingkat nasional dalam Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada Kamis (27/6/2024) di Semarang.

Dua penghargaan yang diraih yakni Lomba Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) di Kelurahan Tahoa Juara Harapan I dan Desa Puuroda Juara II Kampung Keluarga Berkualitas.

Kepala DPPKB Kolaka, Hj Andi Wahida menyampaikan ucapan syukur atas pencapaian yang diraih Kabupaten Kolaka. Menurutnya penghargaan tersebut merupakan hasil dukungan seluruh pihak dalam mewujudkan keluarga yang sehat dan berkualitas serta menjadi satu bukti atas komitmen bersama dalam mempercepat penurunan stunting.

“Alhamdulillah menerima penghargaan langsung dari BKKBN RI kepada Pemkab Kolaka yang diapresiasi karena keberhasilannya dalam membentuk kampung KB berkualitas. Ini semua tentu menjadi kebanggaan kita bersama, karena secara nasional telah mengapresiasi bahwa program ini bisa kita masyarakatkan, kita internalisasikan di seluruh masyarakat” ujarnya.

Ia mengungkapkan, melalui penghargaan ini juga menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah memiliki kepedulian pada pengelolaan Kampung KB, mulai dari pembentukannya, pendampingan anggaran, payung hukum juga dalam pelaksanaan program kerjanya.

Selain itu juga, prestasi yang diperoleh menunjukkan bukti atas kerja keras dan upaya DPPKB dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui berbagai program berencana, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.

“Ini bagian dari upaya pemerintah, dalam rangka meningkatkan kualitas kampung KB, Alhamdulillah kita meraih dua penghargaan yakni Kompetisi Dashat kategori kader Dashat dan Kampung Keluarga Berkualitas Flamboyan kelurahan Tahoa,” tandasnya.

Ia berharap, dengan diraihnya prestasi ini dapat memotivasi untuk terus berinovasi dan berprestasi dalam program-program pemberdayaan masyarakat.

Untuk diketahui, Penghargaan tersebut juga merupakan rangkaian dari Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-31, yang disampaikan secara langsung oleh Kepala BKKBN Republik Indonesia Hasto Wardoyo.

Kepala BKKBN Republik Indonesia Hasto Wardoyo mengungkapkan, pemberian penghargaan tersebut berfokus pada bidang Bangga Kencana di mana prinsipnya mengacu pada pembangunan kualitas sumber daya manusia atau SDM termasuk percepatan penurunan stunting.

“Di momentum Hari Keluarga Nasional inilah, kami berikan apresiasi pada semua pihak atas jasanya dalam program pembangunan manusia. Bersama-sama mengejar kualitas SDM unggul menuju Indonesia Emas 2045. Di mana suatu wilayah yang memiliki SDA unggul, dapat memanfaatkan SDM sebanyak-banyaknya. Dengan catatan, SDM tersebut memiliki mental, moral dan karakter hebat,” ungkapnya. (*)

Reporter : Indri

Komentar