Pastikan Pilkada Aman, Bupati Koltim Hadiri Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak

Makassar, SATUSULTRA – Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) melaksanakan Rapat Koordinasi Kesiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku di Makassar, Kamis (27/6/2024).

Rakor dihadiri oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), aparat keamanan, serta perwakilan dari pemerintah daerah wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.

Bupati Kolaka Timur Abdul Azis yang hadir dalam rakor tersebut mengatakan kesiapannya mendukung proses demokrasi yang lebih aman, sukses dan transparan.

“Mari bersama-sama kita wujudkan pemilihan yang jujur dan adil, serta memperkuat peran aktif masyarakat dalam menentukan masa depan daerahnya,” ucapnya.

Dari 18 Pilkada di Sultra yang terdiri dari 17 Pilwali dan Pilbup, serta 1 Pilgub, Pemkab Koltim bersama Pemkot Baubau mendapat apresiasi karena telah menyalurkan 100 persen biaya penyelenggaraan pilkada. Bupati Abd Azis bersyukur hal tersebut dapat tercapai di pemerintahannya.

“Kami berterimakasih atas kerjasama semua pihak dalam memastikan Pilkada Koltim berlangsung sukses,” terangnya.

Rapat ini juga membahas berbagai isu teknis, termasuk distribusi logistik pemilu, pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), serta sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya partisipasi dalam Pilkada.

Diharapkan dengan adanya rapat koordinasi ini, pelaksanaan Pilkada di wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku dapat berjalan dengan lancar, aman, dan demokratis. (*)

Reporter : Dhery Hermansyah

Komentar