Aksi Bersih Lingkungan Hingga Talkshow Gaya Hidup Berbasis Herbal di Kolaka

Headline269 views

Kolaka, SATUSULTRA – Bersama pemerintah daerah, TNI/Polri, dan pelajar, PT Vale menggalakkan semangat peduli lingkungan dan merayakan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023, Jumat (24/02/2023) di Blok Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara. PT Vale dan para mitra bersama melakukan pembersihan dan pemilahan sampah di Jalan Bypass Tahoa, Kolaka. Puluhan kantong besar berisi sampah berhasil dikumpulkan. Sehari sebelumnya, PT Vale juga memberi bantuan peralatan kebersihan, 100 baju kaos dan 50 sarung tangan.

Selain itu, semangat peduli lingkungan HPSN 2023 di Kolaka juga dilaksanakan pada talkshow di booth PT Vale di Kolaka Expo dalam rangka HUT ke-63 Kabupaten Kolaka, pada Jumat (27/02/2023).

PT Vale menghadirkan dr Rianti Maharani yang dikenal sebagai dokter herbal bersama Ahli Pertanian Organik Ir. Alik Sutaryat, dan Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati Binaan PTVI dari Desa Puuroda Indah Susanti.
Pada kegiatan tersebut, diperkenalkan salah satu program unggulan pada program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) adalah Unit Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) Herbal. Program UKBM Herbal ini berlangsung sejak 2016 lalu, dan pada Indonesia Sustainable Development Award (ISDA) Desember 2022 sempat diganjar penghargaan kategori emas (Gold).

Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati Binaan PTVI dari Desa Puuroda Kecamatan Baula Kab Kolaka Sulawesi Tenggara, Indah Susanti pada acara talkshow berterima kasih kepada PT Vale karena sudah mengenalkan budidaya padi SRI Organik dan tanaman herbal organik.

“Sudah satu tahun lebih ini, seluruh tanaman yang kita budidaya pure organic (murni organik). Tidak ada sedikitpun bahan kimia di dalamnya. Selama kita didampingi PT Vale selama satu tahun ini, selain tanaman dan beras organik, kita didampingi juga untuk mengolah tanaman herbal menjadi minuman kesehatan” terang Indah.(*)

Komentar