TSWT Dukung Pj Bupati Konawe Lestarikan Budaya Suku Tolaki

Pendidikan2190 views

Konawe, SATUSULTRA – Keluarga besar Tamalaki Sangia Wonua Tebawo (TSWT) Sulawesi Tenggara, menyatakan dukungannya terhadap pemerintahan pj Bupati Konawe Harmin Ramba. Dukungan tersebut diwujudkan dengan penyerahan parang taawu, sebagai simbol parang adat Tolaki, Senin (2/10/2023).

Ketua Umum TSWT Sultra Ayub Meronda,  menjelaskan, organisasi  yang telah setahun memilih sekretariat di kompleks makam Raja Lakidende ini, merupakan organisasi yang fokus pada pelestarian adat dan budaya suku Tolaki. Sebagai organisasi ungkap Ayub, TSWT berkomitmen untuk mendukung Pj Bupati Harmin Ramba membangun Konawe dari segala aspek, utamanya pelestarian adat dan budaya Tolaki.

“Memberikan support setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah kabupaten konawe dalam hal ini Pj. Bupati konawe untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab dipemerintah daerah Kabupaten Konawe yang mengayomi seluruh elemen masyarakat Konawe,” kata Ayub.

Ia juga mengatakan sebagai bentuk dukungan terhadap program pelestarian budaya Pemkab Konawe, TSWT akan melaksanakan pelatihan pelestarian adat dan budaya Tolaki.

“Tokoh-tokoh generasi muda ini kan masih banyak yang belum paham (tentang adat dan budaya Tolaki), jadi makanya kami berikan materi supaya kedepan nya lebih maksimal dalam melaksanakan kegiatan positif yang berhubungan dengan adat budaya dan kreatifan lokal suku Tolaki,” jelasnya. 

Sementara itu, Wakil Ketua TSWT Harwan berharap Pemkab Konawe turut memberi perhatian terhadap cagar budaya dan warisan suku Tolaki di Konawe.

“Harapan kita mudah-mudahan pemerintah daerah kabupaten Konawe ini bersinergi dengan Ormas dalam pelestarian adat budaya suku Tolaki,” tandas Harwan. (*)

reporter : Dhery Hermansyah

editor : Indri

Komentar