Siap Disalurkan, Bantuan CPP di Kendari Tinggal Menunggu Perintah Pusat

advertorial

Advetorial233 views

Kendari, SATUSULTRA – Penyaluran bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) terhadap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kendari tinggal menunggu perintah dari Pemerintah Pusat.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari, Abdul Rauf saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Sabtu (4/5/2024).

Dikatakannya bahwa bantuan beras itu sudah siap disalurkan, namun pihaknya saat ini masih menunggu surat perintah dari pemerintah pusat.

“Ketika sudah ada perintah maka kami langsung salurkan. Adapun bantuan akan diberikan untuk bulan April, Mei, dan Juni,” ungkapnya.

Kadis Ketahanan Pangan Kota Kendari Abdul Rauf saat menyerahkan bantuan CPP secara simbolis kepada Keluarga Penerima Manfaat di Kota Kendari, beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan itu, Abdul Rauf menjelaskan bahwa dirinya sudah berkoordinasi dengan PT Bulog bahwa stok beras cukup banyak. Kemudian PT Pos selaku pihak yang menyalurkan juga telah siap.

“Pada dasarnya kami hanya menunggu perintah dari pusat, karena kita ini hanya perpanjangan tangan, tapi muda-mudahan dalam waktu dekat ini sudah ada,” ungkapnya.

Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Kendari kata Abdul Rauf sebanyak 20.213 Kepala Keluarga (KK). Jika dirata-ratakan maka setiap Kelurahan kurang lebih 200 KK.

“Setiap KPM mendapatkan 10 kilogram beras. Ini merupakan bantuan CPP tahap II dan muda-mudahan bantuan tersebut dapat menekan angka inflasi di Kendari,” bebernya.

Penyerahan bantuan CPP di Kelurahan Bungkutoko beberapa waktu lalu. Kadis Katahanan Pangan Abdul Rauf mengatakan seluruh data penerima manfaat telah teregister di Bappenas, sehingga bantuannya dipastikan tepat sasaran.

Terkait penerima manfaatnya, mantan Kadis Sosial Kota Kendari ini menyebut, telah teregister di Bappenas. Karena itu, tidak dapat dilakukan manipulasi penerima manfaat.

“Ketika sudah ada perintah pusat kami sampaikan kepada Lurah dan Camat agar segera disalurkan. Karena itu merupakan hak masyarakat,” ungkap Abdul Rauf.

Abdul Rauf mengatakan bantuan beras CPP ini merupakan langkah konkret dari pemerintah dalam mendukung kebutuhan pangan masyarakat yang membutuhkan. Upaya ini bertujuan untuk meringankan beban ekonomi keluarga penerima manfaat yang terdampak oleh situasi ekonomi yang sulit.

Perlu diketahui beras CPP dari PT Bulog memiliki kualitas yang baik dan telah melewati proses pengawasan yang ketat. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa beras yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat memenuhi standar keamanan dan kualitas pangan yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam memenuhi kebutuhan pangan dan meringankan beban ekonomi masyarakat,” tandasnya. (*/adv)

Komentar