Persaingan Pj Konawe Ketat : Harmin Menguat, Ferdinand Tak Tinggal Diam

Headline2719 views

Kendari, SATUSULTRA – Siapa yang akan menjadi Penjabat (Pj) bupati Konawe, masih menjadi teka-teki hingga kini. Apakah Harmin Ramba (Kepala Kesbangpol Sultra) ataukah Ferdinand Sapan (Sekda Konawe) masih belum terjawab. Keduanya bersaing ketat menuju Pj. Bumi Inolobunggadue.

Sumber terpercaya satusultra.com yang kini tengah berada di Jakarta sejak Rabu (20/9/2023), menyebut nama Harmin Ramba menguat di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sebab, namanya yang disetujui Tim Penilai Akhir (TPA) dan sudah ada di meja Mendagri. Tinggal menunggu ditandatangani hingga di SK-kan sebagai Pj.

“Nama pak Harmin yang menguat jadi Pj. Bupati Konawe, berdasarkan hasil kesepakatan TPA. Itu sudah ada di Kemendagri. Tapi keputusan akhir keluar nanti malam,” katanya sambil meminta namanya tidak disebutkan, saat memberi informasi pada media ini via telepon selular, Kamis (21/9/2023) petang.

Kendati nama Kepala Kesbangpol Sultra yang menguat, namun kata dia, kubu Ferdinand Sapan juga tak tinggal diam. Bahkan, info yang ia dapat di kementerian, nama Ferdinand tetap masuk di meja Mendagri bersama Harmin Ramba. Makanya hingga berita ini diturunkan, kata dia, belum diputuskan siapa yang menjadi pengganti Kery Saiful Konggoasa.

“Nama pak Harmin itu yang jelas disetujui TPA. Tapi pihak Sekda Konawe, rupanya melakukan lobi-lobi juga di Jakarta. Ini sama-sama kuat,” jelasnya.

Saking ketatnya persaingan menuju 01 Konawe, lanjut dia, semua ketua partai di Sultra, berada di Jakarta. Abdurrahman Saleh (PAN), Endang SA (Demokrat) dan Lukman Abunawas (PDIP), adalah 3 nama yang ia sebutkan. Kerry Saiful Konggoasa juga tengah berada di Jakarta. Semuanya dengan tujuan yang sama, mengawal penunjukkan bupati Konawe yang akan menggantikan Kerry yang akan berakhir masa jabatannya 25 September 2023.

“Keputusannya siapa Pj. Konawe, itu nanti malam. Keras ini persaingan. Besok sudah pembekalan untuk Pj bupati, di kantor Kemendagri. Hari Minggu gladi dan Senin tanggal 25 September, itu sudah pelantikan di Kendari,” tandasnya. (*)

Reporter : Indri

Komentar