Pemkab Koltim Bahas Usulan Prioritas Tahun 2023

Daerah243 views

Tirawuta, SATUSULTRA – Pemerintah kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten. Bertempat di aula Tentram Pemkab Koltim, Musrenbang tersebut dilaksanakan untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023.

Dalam sambutannya PJ Bupati Kolaka Timur H. Sulwan Aboenawas mengatakan, kegiatan Musrenbang ini merupakan agenda strategis dalam rangka penyelarasan program daerah, nasional dan hasil Musrenbang kecamatan.

“Saya berharap agar Musrenbang ini tidak sekedar agenda rutin sebagi pemenuhan regulasi, tetapi benar-benar dilaksanakan untuk menghasilkan kebijakan perencanaan pembangunan yang memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat,” katanya, Rabu (16/3/2022).

baca juga : Gelorakan Sepakbola di Koltim, H.Sulwan Buka Turnamen Bupati Cup II

Ia menjelaskan pada tahun 2021, perekonomian Kotim mampu tumbuh sebesar 4,83 persen, dengan jumlah penduduk miskin 14,35 persen. “Saya mengarahkan agar program yang dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi melalui sektor pertanian, perkebunan pariwisata dan penguatan UMK menjadi prioritas,” Jelasnya.

Selain itu, kata Sulwan perbaikan sistem kesehatan dilaksanakan melalui penguatan peran puskesmas, penguatan akses dan mutu pelayanan kesehatan. Untuk sektor pendidikan pelaksanaan harus mengutamakan mutu guru maupun sarana dan prasarana pendidikan. Sedangkan, pelayanan publik jajaran pemerintah kabupaten Kolaka Timur diminta untuk terus berinovasi, berkoordinasi dan berkolaborasi.

“Semoga Musrenbang ini dapat menghasilkan kesepakatan untuk menuntaskan permasalah di Kolaka Timur dan mewujudkan visi sejahtera bersama masyarakat yang agamis, maju, mandiri dan berkeadilan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Koltim Dr Mustakim Darwis menyampaikan bahwa ada 1.250 usulan dalam musyawarah kabupaten ditambah dengan pokok-pokok pemikiran dari DPRD 80 usulan.

“Setelah melihat dari sisi verifikasi dari hasil rapat tehnis pembangunan dari forum OPD jumlah usulan yang disepakati dan akan didanai dari APBD Koltim sebanyak 234. Kemudian, usulan yang diajukan ke APBD provinsi sebanyak 15 usulan dan yang akan didanai APBN sebanyak 94 susulan,” jelasnya.

Untuk diketahui, Musrenbang turut dihadiri Direktur perencanaan Anggaran Daerah Ditjen keuangan Daerah Kemendagri, Perwakilan Kepala Bappeda Sultra, PJ Sekda serta para undangan lainnya. (dri)

Komentar