Pemkab Kolaka Fokus Turunkan Stunting

Kolaka, SATUSULTRA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka terus mengintensifkan upaya dalam percepatan penurunan angka stunting. Dalam rangka mencapai target yang telah ditetapkan, berbagai strategi dan upaya telah disiapkan.

Salah satunya Pemkab Kolaka melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) menggelar rapat koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), Senin (10/6/2024) di aula Pemda Kolaka.

Asisten III Pemkab Kolaka, Hj Andi Wahidah mengatakan, rapat koordinasi ini dilakukan untuk membahas tugas dan tanggung jawab TPPS yang terdiri dari pemerintah daerah, instansi vertikal dan juga dunia usaha. Selain itu juga, untuk mensinkronisasikan dan memastikan pelaksanaan kebijakan program dan kegiatan percepatan penurunan stunting antar organisasi perangkat daerah dan pemerintah desa terutama dilokasi intervensi yang terprioritaskan.

“Rapat ini untuk memastikan terlaksananya koordinasi dan konvergensi dalam rangka penyelenggaraan percepatan penurunan stunting ditingkat kabupaten. Hal ini juga membahas tugas dan tanggung jawab para pengampu, sesuai dengan bidang yang di berikan tugas oleh pak Pj Bupati,” ujarnya.

Plt Kepala DPPKB Kolaka ini menjelaskan, dalam penanganan stunting Pemerintah menggelontorkan anggaran yang terbagi di dinas pengampu yang berkaitan.

“Ini adalah langkah konkrit yang kita lakukan, disamping itu dari intervensi dari dinas yang terkait baik itu vertikal dalam rangka menurunkan stunting ini. Jadi kita mempunyai target yang betul – betul dapat kami kerjakan dan dapat kita yakinkan insya allah pada tahun 2025 dapat kita selesaikan,” tegasnya.

Ia berharap, semua tim ini betul-betul turun langsung ke lapangan. “Saya berharap kepada para bidang koordinasi dan konvergensi dan perencanaan harus melihat lokusnya kita harus dimana. Dan melaksanakan lokus stunting ditingkat kabupaten dan memfasilitasi pembentukan TPPS ditingkat kecamatan dan desa,” tandasnya. (*)

Reporter : Indri

Komentar