Mengetahui Tips Merawat Bunga Anggrek Yang Baik

Lifestyle244 views

SATUSULTRA.COM – Anggrek merupakan tanaman hias yang sangat populer dan banyak disukai masyarakat Indonesia karena memiliki bentuk dan warna yang indah. Namun, diperlukan cara yang tepat untuk merawat anggrek agar tumbuh subur dan berbunga.

Tips Merawat Bunga Anggrek

Tukang kebun lainnya pasti paham cara merawat bunga yang satu ini. Akan tetapi bagi anda yang masih pemula dan ingin merawatnya sendiri di rumah, berikut ini tips merawat bunga anggrek yang baik untuk Anda ketahui.

Tempatkan Di Tempat Yang Ideal

Anggrek biasanya tumbuh sebagai epifit atau menumpang tanaman lain. Namun, tidak merugikan. Anggrek tentunya juga memanfaatkan tempat tumbuhnya untuk memenuhi berbagai kebutuhannya.

Bisa juga diletakkan di dekat pagar tinggi di rumah Anda. Anggrek ini biasanya tumbuh di suatu tempat seperti di batang pohon kelapa. Oleh karena itu beberapa penggemar anggrek membuat tempat dari batang pohon kelapa yang telah dipotong.

Selain itu, jika menanamnya di dalam pot, tanaman ini bisa ditanam bukan di tanah, melainkan menggunakan arang. Mungkin ada zat dari arang yang bermanfaat. Anggrek juga bisa tumbuh di atas sabut kelapa.

Selain menggunakan media tanam yang baik, bunga anggrek ini juga perlu ditempatkan di lokasi yang mempunyai akses sinar matahari sekitar 50-70%. Bahkan tidak jarang orang yang menemukan bunga anggrek di lokasi yang sudah indoor. Biasanya, meski berada di dalam ruangan tempat tumbuhnya, ia tetap mendapat akses sinar matahari yang cukup.

Penyiraman Secara Teratur

Anda perlu melakukan penyiraman dengan rutin kurang lebih sebanyak dua kali sehari, di waktu pagi dan sore hari. Namun jika hujan deras anda tidak perlu menyiramnya. Anda bisa meLakukan hal ini secara rutin pada pukul 07.00-09.00 pagi dan di sore hari sekitar pukul 15.00-17.00.

Dan sebaiknya anda hindari penyiraman yang terlalu banyak karena bisa merusak struktur tanaman. Bahkan dapat mengakibatkan kelembaban yang meningkat sehingga anggrek membusuk dan tumbuh jamur dan bakteri.

Memberikan Pupuk Dan Nutrisi

Berikan pupuk pada anggrek yang baru bertunas dan berbunga banyak. Pilih pupuk yang mengandung unsur hara tinggi. Yang perlu perhatikan dan di ingat, yaitu pemberian pupuk tidak boleh berlebihan karena menyebabkan tanaman menjadi kerdil, dan berikan pupuk 3 kali seminggu.

Agar memiliki bunga yang indah, berikan hormon ZPT atau gibrelin. Zat ini merangsang pertumbuhan anggrek. Untuk melindungi dari hama dan serangga semprotkan air kelapa, Anda dapat menggunakan pestisida dan insektisida seminggu sekali. Begitu juga bila terserang jamur, berikan fungisida dan untuk bakteri gunakan bakterisida.

Hindari Panas Berlebihan

Suhu yang baik untuk tanaman anggrek berkisar antara 15-20 derajat Celcius. Tempat terbaik untuk meletakkan bunga anggrek adalah di tempat yang terang namun sejuk, seperti di atas paranet atau tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Demikian penjelasan dari saya tentang Mengetahui Tips Merawat Bunga Anggrek Yang Baik semoga bermanfaat, terimakasih.

Cari Bunga Anggrek dan Bunga Jenis Lainnya Kualitas Segar? Pesan di Raya Florist!

Raya Florist adalah salah satu toko bunga jabodetabek yang memiliki kualitas bunga terbaik dan segar. siap diantarkan ke berbagai kota di Indonesia dan cabangnya tersedia di berbagai kota mulai dari Bandung, Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi hingga Tangerang.

Cek websitenya dan pesan online dengan mudah di sini : https://www.rayaflorist-jabodetabek.com/ (*/dirman)

Komentar