Inilah Manfaat Yang Dihasilkan Tanaman Porang

Lifestyle230 views

SATUSULTRA.COM – Sebagian masyarakat indonesia mungkin belum pernah mendengar atau belum mengetahui tentang tanama porang. Tahukah anda tanaman porang ini semacam umbi-umbian yang tumbuh di daerah tropis dan subtropik.

Memang tanaman porang ini belum banyak dikenal oleh masyarakat indonesia serta belum ada yang membudidayakan, pasalnya tanaman porang merupakan tanaman yang tumbuh secara liar biasanya tumbuh di hutan atau di tepi sungai.

Walaupun tanaman porang tumbuh secara liar dan belum dibudidayakan, namun tanamana porang ini ternyata memiliki banyak manfaat yang belum diketahui oleh sebagian masyarakat indonesia.

Dan ternyata pertama kali ditemukan tanaman porang ini di daerah yang tropis yaitu di negara amerika dengan berjalannya waktu tanaman porang sekarang sudah tersebar luas di daerah iklim contohnya di negara china dan jepang. Kemudian tanaman porang menyebar di negara myanmar, tahiland dan indonesia.

Sekarang tanaman porang sudah menjadi komoditi ekspor baru dari indonesia dan sekarang sudah banyak permintaan ekspor pada tanaman porang yang terus meningkat.

Tanaman porang juga memiliki kandungan nutrisi yang baik dan tentunya sangat  baik bagi kesehatan. Tak heran jika tanaman porang ini dimanfaatkan pada zaman penjejahan jepang dulu dan sekarang pun tanaman porang terus saja meningkat.

Lantas, apa sajakah manfaat yang dimiliki dari tanaman porang? Manfaat yang dimiliki tanaman porang ternyata banyak sekali yang baik untuk kesehatan tubuh serta cocok juga bagi orang yang sedang menjalankan proses diet. Baiklah ini dia manfaat tanaman porang.

Manfaat Tanaman Porang

Manfaat dari tanaman porang yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat yang dimiliki tanaman porang.

Dapat mengatasi sembelit

Manfaat tanaman porang dapat mengatasi sembelit. Tanaman porang memiliki senyawa Glukomanan konjac yang diekstrak dari Porang dimana senyawa ini bisa membantu mengatasi sembelit yang kronis. Dalam suplemen glukoman dengan mudah efektif bekerja mengobati konstipasi pada anak dan orang dewasa yang susah buang air besar.

Bisa dijadikan sebagai bahan industri

Umbian porang kerap dijadikan sebagai bahan industri , karena kandungan senyawa glukoman hasil dari ekstraksi porang sangat bermanfaat bagi bahan industri kimia, farmasi serta pangan. Itulah mengapa orang banyak menggunakan tanaman porang sebagai bahan industri karena senyawa yang dimiliki porang sangat berperan penting.

 

Bisa  menurunkan kadar gula darah

Umbian porang juga bisa menurunkan kadar gula darah yang sangat efektif karena senyawa itulah yang bisa membantu menurunkan kadar gulah darah. Tanaman porang juga dapat membantu menurunkan resiko kolestrol tinggi, diabetes serta tekanan darah tinggi.

Tanaman porang juga dipercaya untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dalam usus kecil dengan begitu dapat mencegah pembentukan plak dalam pembulu darah.

Mengatasi alergi

Tanaman porang juga diketahui dapat magatasi alergi yang sangat efektif karena senyawa dari tanaman porang tersebut. Namun itu perlu dilakukan penelitian kembali dalam menguji manfaat umbian porang apakah cocok untuk mengatasi alergi atau belum.

Bisa menurunkan berat badan

Umbian porang ternyata bisa menurunkan berat badan. Porang juga bisa dijadikan sebagai bahan pangan yang sangat terkenal bagi orang yang ingin melakukan proses diet. Salah satu umbian porang yang dijadikan sebagai bahan pangan adalah shirataki. Dengan mengonsumsi umbian porang tidak akan mengganggu kandungan kalsium serta zat besi melainkan didalam tubuh kamu akan tetap terjaga kandungan kalsium serta zat besinya pada saat menjalankan diet. Dimana akan memperlambat pengosongan perut serta mempercepat rasa kenyang.

 Mencegah penyakit kanker

Umbian porang juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker dan dapat diolah sebagai bahan makanan dimana akan membantu mencegah penyakit kanker paru-paru. Tanaman porang inilah sangat efektif karena kandungan nutrisi yang dimilikinya dapat memperlambat pertumbuhan kanker serta zat prakanker.

Itulah manfaat yang dimiliki tanaman porang dan sangat bagus untuk anda membudidayakannya dengan hasil yang dimiliki tanaman porang yang sangat penting dalam kehidupan serta kesehatan tubuh anda. (*/dirman)

Komentar