BPK Harap Pemkab Koltim Dukung Pemeriksaan Keuangan

Headline248 views

Kolaka Timur, SATUSULTRA – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sultra mengharapkan Pemda Koltim membantu kelancaran proses pemeriksaan laporan keuangan daerah. Harapan ini disampaikan Rozi Harman mewakili Kepala BPK Perwakilan Sultra, saat menggelar pertemuan antara BPK Perwakilan Sultra dengan Pemda Koltim, Senin (10/10/2022) di ruang rapat Pemkab Koltim.

Pemda Koltim dipimpin Plt Bupati Abd Azis SH, hadir pula Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa dan para kepala OPD.

“Ketika kami (BPK) turun memeriksa nanti, terkait dengan permintaan data maupun informasi mohon disuplai,” pinta Rozi Harman memulai pembicaraan.

Dirinya mengakui, sampai saat ini sudah banyak data yang diterima, baik lisan maupun dokumen sebelum memulai pemeriksaan nantinya. Nanti saat pemeriksaan keuangan tahun depan angka kasnya sudah dipegang dan kepada pihak Inspektorat Koltim di mohon dibantu saat penyusunan laporan keuangan ini.

Dirinya menyebut, terdapat tiga model pemeriksaan yang biasa mereka lakukan. Yakni pemeriksaan laporan keuangan, pemeriksaan tujuan tertentu dan pemeriksaan khusus yang bersifat investigasi.

“Kami berharap dokumen data bisa sesegera mungkin selesai, bisa soft maupun hard copy. BKU harus manual. Kemudian paling lambat 31 maret disampaikan laporannya. Dan kabar baiknya, seluruh OPD di Koltim sudah menyetor berkas yang kami butuhkan. Nanti akan diminta juga kertas kerjanya,” papar Rozi.

Sedang Bupati Koltim mengharapkan agar lembaga ini terus membimbing mengenai penyusunan laporan keuangan ini, agar pengelolaan keuangan Koltim bisa jauh lebih baik, dan kembali meraih WTP seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Jika ada persoalan, untuk ditunjukkan agar kami bisa tuntaskan dan benahi dengan baik. Kami selalu siapkan data yang dibutuhkan oleh BPK. Kami sangat berharap agar dalam proses pemeriksaan nanti dibimbing agar laporan keuangan kami terus membaik. Kami juga sudah menyampaikan ke Inspektorat Provinsi untuk melakukan audit tertentu dan itu sudah berjalan,” pintanya. (lin)

Komentar