Warga Kolaka Terlayani JKN-KIS, Pemkab Kolaka Terima UHC Award

Headline286 views

Kolaka, SATUSULTRA – Kinerja Pemkab Kolaka dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat mendapat pengakuan dari pemerintah pusat. Kabupaten yang dipimpin pasangan bupati Ahmad Safei dan Wabup Muh.Jayadin ini memperoleh penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award.

Award yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Jakarta ini, diberikan kepada pemerintah daerah yang berhasil mewujudkan implementasi JKN-KIS di wilayahnya. Kriterianya, untuk daerah yang cakupan kepesertaan masyarakatnya lebih dari 95 persen dari total penduduk. Menteri Tito mengungkapkan untuk tahun ini, terdapat 22 provinsi dan 334 kabupaten/kota sebagai penerima penghargaan.

Asisten I Muhammad Bakri, mewakii Pemkab Kolaka menerima penghargaan UHC Award, Selasa (14/3). Ia mengapresiasi penghargaan pemerintah pusat terhadap kinerja Pemkab Kolaka. “Penghargaan ini bukan hanya menjadi prestasi pemerintah kabupaten Kolaka, tapi juga merupakan prestasi bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kolaka,” ucapnya.

Sementara Kadis Kesehatan Kolaka Harun Masirri menjelaskan, persyaratan penerima penghargaan UHC award adalah cakupan program JKN minimal 95% dari jumlah penduduk. Sedangkan Pemkab Kolaka telah mencapai angka 98,28 persen. Artinya, sebanyak 236.611 warga Kolaka telah menjadi peserta JKN-KIS, dari 240.749 jumlah total penduduk kabupaten Kolaka. (lin)

Komentar